Bagaimana Memulihkan diri dari Stress? Bagian 3

Berita Terupdate Dunia – Setelah membaca artikel sebelumnya mengenai memulihkan diri dari stress bagian 1 dan 2 disini kita akan membaca tahap ke-3, bagi yang belum pernah baca bagian 1 dan 2 bisa diklik link dibawah ini

Kesehatan

Bagaimana Memulihkan diri dari Stress? Bagian 3

Ketahanan terhadap stress 

Faktor lain dimana kamu menangani situasi stress adalah ketahanan. Asosiasi Fisiologi Amerika mengartikan ketahanan sebagai berikut:

Ketahanan adalah proses dalam beradaptasi baik dalam menghadapi perubahan, trauma, tragedi, ancaman dan sumber stress yang besar seperti keluarga dan masalah hubungan, masalah kesehatan ataupun tempat kerja dan stress ekonomi. Ini berarti bangkit kembali dari masalah yang sulit.

Baca Juga Apakah Alkohol Bagus Untuk Anda?

Kamu bisa membangkitkan ketahanan dalam berbagi cara. Di dalam buku ” Resilience: The Science of Mastering Life’s Greates Challenges. (Ketahanan: Ilmu dalam menguasi Tantangan terbesar hidup)” Penulis Dr Steven M. Southwick dan Dr. Charney, orang yang belajar mengalami stress yang tinggi , tahanan perang, orang yang berada di pasukan khusu, korban trauma atau korban yang hidup dari bencana alam. Mereka menemukan orang yang mempunyai ketahanan dalam tantangan yang besar mempunyai sikap dan mindset yang sama. Dari Penelitian tersebut, 2 peneliti itu 10 faktor yang berhubungan dengan ketahanan. Kamu tidak perlu berlatih 10 sikap ini untuk memiliki ketahanan; pilih saja 2 , 3 atau 4 yang kamu rasa dekat dengan kamu.

  1. Mengambil Sikap Positif
    Optimis adalah salah satu sikap yang paling kuat dalam ketahanan
  2. Menggambarkan Ulang situasi yang kamu hadapi
    Seperti belajar menghadapi stress dimana kamu harus menganggapnya sebagai teman, orang yang punya ketahanan biasanya menggambarkan kembali situasi buruk yang pernah menimpanya agar bisa berkembang , belajar dan berubah
  3. Fokus dalam kepercayaan inti kamu
    Orang yang mempunyai kepercayaan yang dalam, harapan yang kuat atau komitmen biasanya menunjukkan sikap ketahanan yang lebih
  4. Mencari Model 
    Menemui seseorang yang sudah melewati kesulitan bisa memperkuat ketahanan kamu
  5. Menghadapi ketakutan kamu
    Menghadapi tantangan daripada menghindarinya akan membantu kamu membangun kepercayaan diri
  6. Percaya dengan Agama atau Arwah
    Untuk kebanyakan orang, Harapan yang kuat atau kepercayaan spiritual bisa menambah ketahanan kamu
  7. Mencari Bantuan Sosial
    Orang yang mencari teman ,keluarga dan grup ketika kamu mengalami stress
  8. Berolahraga
    Untuk meningkatkan Mood, menghilangkan stress dan membuat kamu kuat secara fisik
  9. Terus menerus melawan Stress
    Melawan terus menerus di bagian emosional , moral dan ketahanan fisik
  10. Mencari arti dan tujuan
    Mempunyai tujuan yang jelas di dalam hidup bisa meningkatkan kekuatan emosional kamu ketika sedang masa sulit

Baca Juga Sebuah Pulau Muncul di Pantai Carolina Utara

Sumber:

Baca Berita Terupdate Dunia lainnya hanya di https://rajapoker99.wordpress.com

Iklan