Bisakah menggambar atau bermain sudoku meningkatkan kemampuan otak?

Berita Terupdate Dunia – Tidak ada yang mau menghadapi kenyataan bahwa seiring bertambahnya usia, otak kita berkurang. Kita melupakan hal-hal yang mudah diingat. Kita kehilangan konsentrasi saat berbicara. Jadi ketika kami mendengar bahwa mewarnai gambar di buku, melakukan teka-teki Sudoku yang menantang, dan bermain game brain-training online dapat mencegah kemunduran mental dan meningkatkan kemampuan kita untuk berpikir, belajar, dan mengingat, kami melompat pada kesempatan untuk menolong diri kita sendiri. Tapi apakah hal-hal ini benar-benar bekerja? Jawabannya iya. Dan tidak. Ya, mungkin.

“Ini adalah topik yang sangat diperdebatkan,” kata Eleazar Cruz Eusebio, Psy.D., associate professor di Chicago School of Professional Psychology dan spesialis terapi perilaku kognitif. – Dapatkah Mewarnai atau Bermain Sudoku Benar-benar Meningkatkan Kekuatan Otak Anda? Komunitas sains tergelitik, tapi waspada.

otak

“Ada penelitian yang menunjukkan adanya korelasi antara aktivitas tertentu dan kesehatan otak yang baik, namun tidak ada penelitian definitif yang mengatakan bahwa melakukan aktivitas semacam ini akan membuat otak lebih sehat,” kata Adam Lipson, M.D., seorang ahli bedah saraf bersertifikat dewan di utara New Jersey. – Dapatkah Mewarnai atau Bermain Sudoku Benar-benar Meningkatkan Kekuatan Otak Anda?

Namun banyak orang yang beriman. Misalnya, Lumosity, program latihan otak dan otak populer yang situsnya menawarkan “membantu orang-orang agar otak mereka tertantang.” Ini memiliki 85 juta pengguna terdaftar yang telah naik kapal sejak diluncurkan pada tahun 2007.

Namun para ahli ingin melihat bukti bahwa pelatihan otak bukan sekadar industri pembuatan uang.

“Program ini harus melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk menjelaskan apa yang mereka ukur,” kata Eusebio. “Mereka mengklaim satu hal Poker Online tapi mungkin mereka mengukur hal lain, dan saya tidak tahu apa yang mereka ukur.” (Tahun lalu, Komisi Perdagangan Federal menuduh Lumosity dengan iklan yang menipu; perusahaan tersebut membayar $ 2 Juta penyelesaian.)

Kapan Seharusnya dan Tidak untuk Membagi Lokasi di Smartphone

Bagaimana cara kerja latihan otak? Dengan mendorong otak untuk menempa dan memelihara koneksi baru, kemampuan yang diyakini ilmuwan berkurang seiring bertambahnya usia, Lipson menjelaskan.

Meski data masih keluar, “tidak ada kesimpulan untuk menunjukkan bahwa game ini memperbaiki memori atau kecerdasan atau kognisi,” kata Lipson. Namun, “mereka jelas tidak terluka, dan banyak orang terlibat di dalamnya dan kami melihat banyak laporan subyektif yang mereka lakukan sebenarnya membantu.”

Beberapa aktivitas memang memiliki dampak yang terbukti pada otak. Berikut adalah beberapa yang menurut para ahli pantas untuk dicoba:

WARNA

Hobi prasekolah populer yang memiliki orang dewasa berbondong-bondong ke toko untuk membeli buku mewarnai “Star Wars” dan 12 bungkus pensil warna telah terbukti memberi pengguna rasa fokus.

“Tapi bukan berarti Anda menjadi lebih fokus,” kata Eusebio. “Apa yang sebenarnya Anda lakukan adalah membungkam pikiran Anda,” yang mengarah pada fokus yang lebih baik.

CATUR

Eusebio mengkategorikan bermain catur sebagai “pelatihan memori kerja”.

“Anda harus memikirkan langkah-langkah sebelumnya,” katanya. “Anda harus merencanakan dan menyusun strategi, yang benar-benar bekerja pada fungsi eksekutif.” Itu adalah serangkaian keterampilan mental, seperti fokus dan pengendalian diri, yang membantu pikiran Anda menyelesaikan sesuatu.

Penyakit Asma Pada Anak-Anak di Amerika

SUDOKU

Mengambil tusukan di Sudoku adalah aktivitas pelatihan memori kerja lainnya. Ini seperti catur – saat Anda sedang bergerak, Anda harus berpikir tiga atau empat langkah ke depan untuk langkah selanjutnya. Dan itu latihan yang bagus untuk otak.

OLAHRAGA

Menjadi aktif secara fisik dan terlibat juga memiliki efek positif pada kesehatan kognitif Anda.

“Ada penelitian yang menunjukkan olahraga meningkatkan fungsi mental,” kata Lipson. Eusebio setuju.

“Terlibat dalam aktivitas teratur dengan intensitas sedang selama enam bulan sampai satu tahun telah terbukti secara ilmiah meningkatkan volume area otak terpilih, seperti hippocampus, yang bertanggung jawab atas ingatan. Itu mengatakan kepada kita bahwa aktivitas aerobik moderat dapat menyebabkan fungsi otak membaik, “katanya.

MEDITASI

“Meditasi cukup membantu,” kata Lipson, “dan ada penelitian hebat mengenai hal itu.” Satu studi menemukan bahwa, setelah mengikuti kursus pelatihan dua minggu, para peserta menunjukkan perbaikan pada rentang perhatian dan tingkat konsentrasi.

DIET

Apa yang Anda makan mungkin juga mempengaruhi fungsi kognitif. Martha Clare Morris, ahli epidemiologi nutrisi di Rush University Medical Center di Chicago, mengembangkan diet yang disebut MIND, yang dapat mengurangi kemungkinan penyakit otak yang dapat menyebabkan Alzheimer.

Sebuah Gunung Es Ukuran Delaware Pisah dari Antartika

“Pola makan MIND dirancang berdasarkan bukti ilmiah terbaik tentang makanan dan nutrisi spesifik yang mempengaruhi otak,” kata Morris. Makanan tersebut meliputi buah beri, terutama blueberry dan stroberi, sayuran berdaun hijau, ikan, unggas, kacang-kacangan, dan bahkan anggur; Makanan yang harus dihindari meliputi keju, daging merah, dan manisan.

APA SAJA YANG BARU

Mencoba kegiatan baru, seperti bermain piano atau belajar bahasa, menciptakan koneksi baru di area otak Anda yang belum pernah digunakan sebelumnya. “Podcast fantastis untuk ini,” kata Eusebio. Untuk keuntungan yang lebih besar lagi, karena Anda sedang belajar keterampilan baru, berjalan atau berlari pada saat bersamaan.

Tidak puas dengan kehidupan, yang bisa menyebabkan kebosanan, juga meningkatkan fungsi kognitif. Itulah mengapa membaca tentang subjek yang belum pernah Anda baca sebelumnya adalah salah satu cara terbaik untuk menumbuhkan otak Anda.

“Penasaran,” kata Eusebio, “itu latihan otak.”

Sumber:

Baca Berita Terupdate Dunia lainnya hanya di https://rajapoker99.wordpress.com

Iklan